Rabu, 15 Mei 2013

Jenis Makanan Yang Membuat Hati Menyenangkan

Makanan bernutrisi bisa membuat suasana hati semakin cerah. Sebaliknya, makanan dengan gizi yang tak seimbang justru bisa memicu bad mood hingga depresi. Ada banyak cara untuk mengatasi suasana hati yang buruk, misalnya berbicara dengan orang terdekat, mengerjakan hobi, jalan-jalan, dan sebagainya. Cara lainnya juga bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi. Walaupun demikian, diperlukan pemilihan makanan yang cermat, karena bila nutrisinya tak seimbang, justru akan
memperburuk mood Anda. Makanan dengan kandungan lemak larut (saturated fat) yang tinggi ada baiknya dihindari. Bahkan menurut beberapa peneliti, makanan yang bisa meningkatkan penyakit kronik ini dapat memicu terjadinya depresi. Menurut Diane M. Becker MPH, ScD, seorang direktur dari Center for Health Promotion di Johns Hopkins School of Medicine, makanan yang bergizi rendah lemak, kaya akan serat, dan ramah bagi Jantung, bisa menjadi permulaan untuk mencerahkan suasana hati. Oleh karena itu, simak makanan bergizi berikut ini yang dapat menyehatkan tubuh sekaligus menjadi mood booster.

Makanan dengan Kandungan Vitamin B12
Tempe atau makanan dari kedelai, ikan, daging, dan sebagainya adalah beberapa contoh  makanan yang memiliki kandungan gizi ini. Vitamin ini juga bisa Anda peroleh dari cemilan sehat dengan berbagai macam varian buah-buahan kering asli, seperti SOYJOY. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut mampu mengatasi suasanan hati yang buruk sekaligus mencegah penyakit pada sistem saraf.

Makanan dengan Kandungan Antioksidan
Nutrisi ini banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan, seperti strawberry dan wortel. Semakin banyak sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi, maka akan semakin baik pula kesehatan Anda, sehingga dapat memengaruhi suasana hati.

Makanan dengan Kandungan Lemak Esensial Omega 3
Menurut hasil beberapa studi, makanan yang kaya akan kandungan ini bisa mencegah deperesi, baik pada pria maupun wanita. Lemak esensial omega 3 banyak ditemukan pada ikan. Bahkan, menurut kepala The Department of Nutrition di University of Tennessee, Jay Whelan, PhD, lemak esensial omega 3 dari ikan mampu mengatasi suasana hati yang tak menentu. Maka, ada baiknya bila Anda dapat mengonsumsi ikan seperti salmon dan sarden selama beberapa kali dalam seminggu. Namun selain ikan, ternyata kandungan lemak esensial omega 3 pun terdapat pada kedelai. Untuk mendapatkannya tentu sangat mudah, Anda bisa memasukkan lauk sederhana seperti tahu dan tempe pada menu harian Anda.

Banyak ahli nutrisi mengatakan bahwa makanan sangat memengaruhi mood Anda dalam jangka panjang ataupun pendek. Jadi, ada baiknya Anda pun memerhatikan makanan yang dikonsumsi bila suasanan hati yang buruk sering menganggu. Jalanilah hidup dengan makanan bernutrisi agar tubuh dan jiwa menjadi sehat pula. Untuk Lebih Lengkap silahkan click ini

Sumber: 
Terapi kedelai. Earl Mindell R.Ph. Ph.D. hal 107
http://www.webmd.com/depression/features/foods-feel-better
http://www.livestrong.com/article/267292-list-of-foods-that-are-high-in-antioxidants/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar