Jumat, 19 Juli 2013

Manfaat Buka Bersama



Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan. Alhamdulilllah Ramadhan tiba, itu berarti sahur, puasa, dan tarawih juga tiba. Ya begitulah rutinitas Bulan Ramadhan. Puasa ramadhan datang, itu tandanya umat muslim berpuasa kecuali orang-orang tertentu yang memang tidak diperbolehkan berpuasa. Datangnya puasa membuat umat muslim ingin selalu bersama atau bersilaturahmi dengan kawan sejawat maupun dengan kelompok yang diikuti. Dibulan suci ramadhan sekarang ini memang kurang afdol jika kita tidak buka bersama,
entah itu bersama keluarga,teman-teman, tetangga,anak yatim-piatu atau yang lainnya. Bukber atau buka bersama  ini tentunya sangatlah baik untuk mengisi ibadah puasa. Buka puasa sebagai bagian dari aktivitas di bulan Ramadhan, juga merupakan upaya meraih subhikmah berpuasa, yang di dalam buka puasa bersama pun terkandung hikmah tersendiri yang lebih spesifik. Tidak dipungkiri lagi bahwa ada nikmat tersendiri yang kita rasakan ketika buka bersama.Apalagi jika kita bertemu dengan kawan lama dan berbagi cerita dengan mereka. Subhanalloh...nikmat sekali buka puasanya,meskipun lauk pauknya tidak terlalu enak atau biasanya saja tetapi dengan kita buka bersama rasanya nikmat sekali.  Hari ini saya akan membagikan sebuah cerita nyata, yang benar-benar pengalaman saya sendiri tentang manfaat bukan bersama. Sebelum saya membahas apa saja manfaat buka bersama menurut pengalaman pribadi saya sendiri, saya ingin bercerita sedikit tentang kisah saya yang akhirnya saya bertemu dengan teman lama saya. Mungkin sudah 4-6 tahun kita tidak bertemu.
Bertemu Dengan Kawan Lama Yang Akhirnya Bisa Buka bersama
hari itu adalah hari sabtu (kalau saya tidak salah) pada saat itu saya baru pulang dari salah satu Mall di Jakarta abis mengadakan bukber bersama teman-teman SMP saya. Ketika saya sedang mencari angkutan umum untuk pulang tiba-tiba ada suara klakson dan  memanggil nama saya. Saya jelas ketakutan karena Saya tidak dapat melihat dengan jelas karena sudah malam dan banyak motor dan mobil berlalu layang jadi saya tidak dapat mengenalinya. Akhirnya saya terus berjalan sambil mencari angkutan umum tersebut dan ada lelaki naik motor berdua berhenti pas dihadapan saya. Mereka tersenyum kepada saya. Saya tidak dapat mengenalinya, tetapi orang yang diboncengnya itupun langsung memastikan saya untuk mengingat ingat siapakah dia. Dan ternyata dia adalah teman saya waktu SD. Betapa kagetnya saya, dia masih mengenali saya padahal dalam keadaan yang sangat crowded tersebut. Singkatnya kami pun saling sms an dan merencanakan untuk mengadakan buka bersama dengan teman-teman SD yang lainnya. tadinya rencana kami sangatlah hampir gagal karena minimnya informasi tentang teman-teman saya yang lainnya.Tapi untungnya Alhamdulillah dulu kitanya satu kelas sangatlah akrab sekali dan bahkan kami semua tahu alamat rumah masing-masing dan mengenali orangtua teman kami masing-masing akhirnya kami pun berhasil mengadakan buka bersama. Satu hal lagi yang saya sangatlah senang meskpipun ada beberapa teman saya yang berbeda agama, tetapi mereka sangatlah excited untuk ikut bukber tersebut. Ketika kami berkunjung kerumah teman kami yang berbeda agama dan bertemu dengan orangtuanya, orangtuanya pun juga terbuka dan sangat mengizinkan kami untuk bisa terus mengadakan bukber setiap tahunnya. Mereka pun juga tidak keberatan jika rumahnya dipakai untuk berdiskusi tentang acara buka bersama ini. Bahkan salah satu dari orangtuanya yang berbeda agama dengan kami, dia juga menyajikan ta'jil waktu kami masih berdiskusikan itu dan ternyata sudah azan magrib. Singkatnya Alhamdulillah acara bukber kami sangat amat sukses. Bahkan angkatan diatas kami ngiri dengan angkatan saya karena kesusksannya dan rencananya insya Allah akan mengadakan bukber 2 sampai 3 angkatan ditahun kemudian.
Ini cerita singkatnya tetapi Anda belum mengetahuikan detailnya manfaat buka bersama dari pertemuan saya dengan teman lama saya yang saya bahkan tidak mengenalinnya dan mengganggap dia orang yang akan jahat dengan saya, malah kami bisa mensukseskan acara bukber ini.
Manfaat Buka Bersama Dengan Teman Lama
Mempererat Tali Silaturahmi
Karena pada  hari-hari biasa kita sering disibukkan dengan semua aktifitas kita, jadi tidak ada waktu untuk yang namanya makan bersama dan kumpul bareng. Dengan di adakannya acara bukber tersebut, kita bisa berkumpul dan menyempatkan waktu untuk Berbuka puasa bersama. Sehingga kita dapat mempererat talisilaturahmi dan menjalin kebersamaan. Tidak hanya itu saja tetapi juga kita bercerita-cerita tentang kehidupan kita sehari-hari. Dari situlah kami mengetahui bahwa ada beberapa teman kami yang akan melangsungkan pernikahan ketika abis bulan ramadhan. Kami semua pun diundang. Bayangkan jika saya dan teman-teman saya tidak mengadakan acara bukber ini, pasti diantara kami tidak ada yang tahu bahwa dia akan menikah. Satu lagi hal yang bisa memutuskan tali silaturhami yaitu kita bersikap acuh atau berpura-pura tidak mengenali teman kita. Seperti yang tadi saya katakan diatas bahwa tadinya saya tidak mngenali orang yang memanggil saya,tetapi karena dia masih mengenali saya akhirnya kami pun bisa sampai sekarang. Teman-teman saya mukanya rata-rata berubah itulah yang membuat kami kurang mengenali satu dengan yang lain. Tapi karena kami semua sudah melihat wajah masing-masing jika kami bertemu dijalan atau dimanapun kami masih mengenalnya dan terus tetap menjaga talisilaturahmi.
Meningkatkan Solidaritas
Secara etimologi Solidaritas memiliki arti “kesetiakawanan atau kekompakan”. Ada sebuah Hadits Rasululllah SAW mengenai solidaritas : “Perumpamaan orang-orang mumin dalam cinta dan kasih sayangnya seperti badan manusia, apabila salah satu anggota badan sakit maka seluruh anggota badan merasakannya”. Jadi dalam mengadakan kegiatan buka bersama, jika sudah dilakukan dengan tugas dan porsinya masing-masing, artinya tidak kurang dan tidak lebih. Maka ini akan meningkatkan kekompakan dalam suatu komunitas atau organisasi, sehingga hasil yang kita dapatkan Insya Allah akan sesuai apa yang kita inginkan.
Anda tahu tidak ketika kami abis mengadakan bukber tersebut tingkat kekompokan kita pun semakin menjadi jadi. Kami sering main bareng lagi, bercanda bahakan yang laki-lakinya pun sering mengadakan spiring bola. Memang sungguh luar biasa manfaat buka bersama.

Itulah cerita dari saya ini. Mungkin ada yang lebih bagus dan lebih seru lagi? tetapi menurut saya ini adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan seumur hidup saya. Tujuan saya mengikuti Kontes #Ngablogburit ini selain saya bisa memenangkan kontesnya saya juga ingin membagikan pengalam berharga yang saya alami ini. Semoga ini bermanfaat untuk kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar