Selasa, 21 Mei 2013

Kata-Kata Yang Bisa Menghancurkan Pernikahan

Tahukah Anda bahwa dengan sebuah perkataan, Anda bisa masuk  ke dalam jurang yang paling dalam atau bahkan Anda tidak bisa bangkit lagi? Itu hanya sebuah perumpamaan saja,maksudnya dengan Pekataan Anda bisa membuat hubungan dengan seseorang bisa hancur atau memutuskan tali silaturahmi. Kata-kata bisa sangat kuat maknanya ketika diucapkan. Kata tersebut bisa dianggap
menghancurkan atau malah menginspirasi. Sama juga didalam pernikahan pun hal serupa berlaku. Menurut Julie Orlov, seorang psikoterapis dan juga penulis 'The Pathway to Love: Create Intimacy and Transform Your Relationships Through Self-Discovery', ada kata-kata yang bisa membuat pasangan merasa sedih dan tersakiti. Jika sering diucapkan kata-kata berikut ini, seperti dijelaskan Orlove pada Huffington Post, bukan tidak mungkin menghancurkan pernikahan Anda.

1. "Nggak pernah"
"Kamu nggak pernah benar kalau mengurus anak-anak." Apakah kalimat itu pernah Anda ucapkan pada pasangan? Saat Anda mengucapkan kata tidak atau nggak pernah, Anda memberitahukan pada pasangan kalau dia memang tidak bisa dan tak akan pernah bisa melakukan hal yang seharusnya dia lakoni itu. Kata ini mengindikasikan Anda tidak mau mendengarkan, berkompromi dan punya itikad baik untuk mengetahui penjelasannya.

2. "Selalu"
Kata 'selalu' sering dianggap sebagai bentuk sebuah kekakuan dan kebenaran. Ketika kata 'selalu' ini diucapkan, Anda memberitahukan pasangan kalau dia salah dan Anda lah yang benar. Saat kata 'selalu' diucapkan, Anda juga menganggap tidak ada lagi yang bisa dilakukan dengan sikapnya itu. Kata ini mengindikasikan Anda tidak mau memahami, mendengar atau mengobati.

3. "Tapi"
Kata 'tapi' menyiratkan sebuah manipulasi dan kurangnya integritas. Saat Anda menggunakan kata 'tapi', Anda jadi tidak menganggap apapun yang diucapkan sebelumnya. Kata ini seolah mengubah sebuah pernyataan negatif menjadi lebih positif. Kata ini mengartikan Anda tidak mau membangun kepercayaan dan keintiman. Kata yang mirip dengan kata 'tapi' adalah, 'bagaimanapun' dan 'meskipun'.

4. Kata-kata yang sangat kasar
Silahkan bayangkan sendiri kata-kata kasar apa yang bisa Anda ucapkan pada pasangan. Menyerang pasangan dengan mengucapkan kata-kata sangat kasar padanya bisa berdampak buruk pada pernikahan. Apalagi jika dilakukannya secara sering, ini bisa menghancurkan jiwa pasangan dan membunuh pernikahan.

5. "Cerai"
Jangan pernah berkata Anda ingin mengakhiri pernikahan, jika sebenarnya memang bukan itu maksud Anda. Apalagi jika perkataan itu diucapkan hanya untuk semakin memanaskan pertengkaran. Kalaupun memang Anda mengatakannya tanpa sengaja dan sebenarnya tidak bermaksud mengucapkan kata 'cerai', tetap saja ucapan itu memiliki efek buruk. Pasangan akan merasa kalau hati Anda sebenarnya sudah ingin lepas dari pernikahan. Baginya Anda seharusnya tidak mengucapkan kata tersebut walau semarah apapun Anda.
Semoga Anda dan pasangan Anda bisa tetap bersama dan tidak hancur berantakan hanya dengan sebuah kata-kata. Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar