Minggu, 29 September 2013

Alasan Blackberry Messager Pindah ke Android dan Iphone


Sudah dengarkah kalian tentang desas desus beralihnya BBM atau blackberry Messanger bisa pindah ke android atau ke iphone? Banyak beberapa kalangan berpendapat bahwa hal ini bisa memperburuk blackberry sendiri. Apalagi dengan ponsel terbarunya yaitu Z10 dan Q5 yang diliris pertengah 2013 tersebut. itu bisa membuat ponsel tersebut tidak laku terjual. Faktanya memang ! series terbaru blackberry tersebut memang tidak semanis dan sebagus waktu penjualan tahun 2010. Entah apa yang membuat  mereka berani mengambil keputusan tersebut.

dikutip dari vivanews, menurut laporan ComScore, dalam tiga bulan sampai akhir November, pasar BlackBerry merosot lebih dari 3 persen, dari 19.7 persen menjadi 16.6 persen.Sementara Android memanfaatkan kondisi yang menimpa BlackBerry dengan menambah pasarnya lebih dari tiga persen, mencapai 46.9 persen dari pasar smartphone Amerika. Pengguna mobile Android kebanyakan beralih dari Blackberry, sementara Microsoft dan Symbian kehilangan sekitar satu persen dari total pasar mobile di AS. Apple juga memanfaatkan keterpurukan RIM dengan penjualan iPhone yang mencapai 28.7 persen di Amerika Serikat, naik dari 27.3 persen pada tiga bulan sebelum November.Pada tahun ini, RIM mentargetkan untuk membalikkan keadaan. Target ini merupakan prioritas utama dari RIM untuk menghindari pengambil-alihan dari rival mereka. Saat ini, mengutip The Telegraph, banyak pemain utama dalam pasar smartphone yang telah menawarkan opsi untuk mengambil perusahaan Kanada ini. Menurut sejumlah laporan, Microsoft dan Nokia telah melakukan pembicaraan dengan RIM soal pengambilalih. Amazon pun disebut tertarik untuk mengambil-alih RIM. Dengan mengambil RIM, Amazon diperkirakan siap masuk ke pasar smartphone dengan smartphone perdananya, untuk menyusul kesuksesan tablet Kindle Fire.Eksekutif  RIM, telah menolak tawaran penjualan, meskipun sahamnya menurun sebesar 75 persen dalam harga saham perusahaan di 2011. Terkecuali RIM dapat membalikkan kekayaan BlackBerry, analis mengatakan perbincangan pengambilalihan sangat intensif mengancam RIM.Sebenarnya ada opsi kemungkinan lain bagi RIM, yakni memberikan izin software BlackBerry ke perusahaan smartphone lain seperti Samsung, yang membuat perangkat lebih mutakhir. Oleh karena itu dari pertimbangan yang cukup matang. Blackberry akhirnya mengumumkan bahwa BBM bisa digunakan di handphone android dan iphone dengan IOS atau Versi tertentu tahun 2013 ini.
Alasan BBM pindah ke Android
Alasan kenapa user blackberry pindah ke android adalah satu-satunya fitur unggulan BBM, kini tengah bersiap untuk mencicipi OS android yang sebentar lagi rilis publik, selain itu pengguna melirik Android di antaranya karena soal kualitas seperti gangguan layanan BlackBerry Messenger (BBM) dan juga lebih banyak aplikasi yang bisa diakses secara gratis. Pertumbuhan Android pada tahun 2013 ini semakin meningkat, diprediksi akan terus berkembang mencapai prosentase 20-30% dibandingkan tahun 2012 lalu. Sementara pertumbuhan BlackBerry diperkirakan berada di kisaran 5% saja. Jika kita bandingkan antara kedua smartphone beda OS tersebut memang sangat signifikan. Android sendiri populer di banyak belahan dunia, sedangkan blackberry hanya populer di Indonesia, pangsa pasarnya sangat besar di negara kita ini.

Sri Bimo Ariyanto yang merupakan Head Of Service Management Management Department Telkomsel mengatakan, "Sekarang ini trennya, pengguna BlacBerry sudah mulai beralih ke Android,".

"Orang masih pakai BB-nya karena masih banyak relasinya yang ada di kontak BBM. Hanya fungsi BBM-nya saja yang terpakai, sementara lainnya mereka cari dari device lain," begitu imbuhnya.

Sebelumnya, Head of Corporate Communications Group Telkomsel Adita Irawati menyebutkan, hingga triwulan I tahun 2013 ini tercatat dari sekitar 120 juta pelanggan Telkomsel, 5,7 juta di antaranya merupakan pengguna Blackberry, 3 juta pengguna Android dan 310 ribu pengguna iPhone.

So, kalau sudah demikian kenyataannya, apalagi yang bisa diunggulkan dari blackberry selain paket bulanannya yang mahal? Buat kalian para pengguna blackberry, segera jual devicenya sebelum harga pasaran turun drastis! Tak lupa saya ucapkan selamat datang di dunia android. Dan untuk para pengguna android diharapkan untuk bersabar, jangan percaya dengan apps yang tersebar di play store, karena pihak blackberry sendiri belum resmi meluncurkan aplikasi BBM untuk platform android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar