Kamis, 02 Mei 2013

Ubi Jalar Menjadi Sumber Karbohidrat yang Baik

guys mungkin bagi Anda Mendengar kata ‘kentang’ mungkin Anda akan langsung tergidik dan memikirkan besarnya jumlah kalori dan lemak yang terkandung didalamnya. Tapi hal sebaliknya tidak terjadi pada ubi jalar. Umbi-umbian yang kerap ditemui di sejumlah wilayah di Indonesia ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Dan yang penting bisa membantu Anda dalam
mengontrol berat badan Anda.
Karbohidrat
Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dari umbi-umbian lain. Jika satu buah kentang mengandung 26 gram karbohidrat, ubi jalar hanya mengandung 23 gram karbohidrat. Ini menunjukkan bahwa ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.
Serat
Ubi jalar mengandung serat hamper dua kali lipat dari jenis umbi-umbian lain. Ubi jalar menyumbang 7 gram serat per porsinya. Seratnya yang tinggi membantu lambatnya proses pembakaran kalori. Itu artinya kalori digunakan lebih lambat dan efisien.
Vitamin dan Kalium
Seain bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik, ubi jalar merupakan sumber vitamin yang baik, misalnya vitamin A, vitamin C, B6, kalium, riboflavin, tembaga, asam panthothetic dan asam folat. Satu buah ubi jalar memiliki 28 % kalium, lebih banyak dari pada yang diperoleh dari pisang.
Kandungan Air
Jumlah air yang tinggi ditemukan pada ubi jalar. Ini membantu Anda menurunkan berat badan. Layaknya serat, air memakan banyak ruang di perut Anda. Oleh karena itu, makan makanan yang mengandung kadar air yang tinggi membuat Anda merasa cepat kenyang. Ini membantu Anda untuk makan berlebihan dan ngemil di waktu senggang.
Pilih Ubi Jalar yang Tepat
Pilih ubi jalar yang tidak pecah dan memar. Simpan di tempat sejuk dan gelap, berventilasi dan simpan lah ubi jalar itu dengan baik. Ubi jalar akan bertahan kurang lebih 1 hingga 2 minggu. Setelah matang, ubi jalar dapat disimpan di kulkas selama 1 minggu.
Olahan Ubi Jalar
Ubi jalar dapat diolah dalam berbagai hidangan, mulai dari yang gurih atau manis. Ubi jalar sangat pas bila dicampur dengan kayu manis, jeruk, jahe, kelapa dan buah pala. Bisa Anda nikmati sebagai pencuci mulut bersama muffin dan roti, pudding, custard dan casserole. Di India, ubi jalar di masak bersama sayuran lain sebagai hidangan pelangkap.(bul)
 untuk lebih lengkapnya bisa click ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar